Aplikasi Google Foto, Manfaat dan Kegunaannya.

manfaat aplikasi google foto

Manfaat Aplikasi Google Foto, dan apa saja kegunaannya.

Google Foto lebih dari sekadar repositori foto sederhana. Dan juga dapat mencadangkan foto Anda di beberapa perangkat yang lain, memiliki fitur pengaturan otomatis, dan menyertakan alat pencarian pintar. Ini mirip dengan aplikasi galeri lainnya, seperti Galeri Samsung. Namun, dalam hal Galeri Samsung vs Google Foto, Google Foto menawarkan pengalaman yang lebih konsisten di semua perangkat Anda. Berikut ini cara kerja Google Foto.

Pencarian Orang, Tempat, dan Apapun

Google Foto terkenal karena fitur pencariannya. Aplikasi secara otomatis memberikan tag ke foto Anda berdasarkan lokasi, pengenalan wajah, dan jenis gambar, apakah itu selfie , tangkapan layar, atau video. Kemudian membuat folder untuk setiap jenis gambar. Ini juga mengklasifikasikan hewan dan benda.

Gunakan istilah penelusuran apa pun untuk menemukan foto tertentu, seperti lokasi, subjek, atau musim. Dalam pengujian kami, fitur ini tepat sasaran, menampilkan hasil yang akurat untuk snapshot dari perjalanan ke Nashville.

Dengan menggunakan pengenalan wajah, Google Foto mengelompokkan gambar orang yang sama sehingga Anda dapat menemukannya dengan mudah. Tandai foto dengan nama atau nama panggilan orang tersebut untuk menampilkan foto mereka dengan cepat. Fungsi ini disebut, Group Similar Faces, dan Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkannya di pengaturan aplikasi.

Bagikan Foto Anda Dengan Mudah

Sangat mudah untuk membagikan foto dari Google Foto ke aplikasi lain, seperti media sosial atau pesan. Anda juga dapat membuat tautan unik untuk berbagi gambar dengan teman. Flickr dan aplikasi serupa lainnya juga menawarkan fungsi ini.

Buat album bersama tempat orang lain dapat menambahkan foto, yang berguna untuk pernikahan atau acara khusus lainnya. Untuk semua album, atur izin untuk mengizinkan orang hanya melihat, menambahkan foto, dan mengomentari foto. Ubah izin ini kapan saja.

Baca Juga :  Cara Memblokir Pencarian Profil Facebook

Album Langsung

Berbagi foto satu per satu bisa jadi membosankan. Fitur Album Langsung Foto Google memecahkan masalah ini. Pilih subjek foto yang ingin Anda bagikan (seperti bayi atau hewan peliharaan), lalu pilih dengan siapa Anda ingin berbagi foto. Google secara otomatis menambahkan gambar yang relevan ke album live.

Album Live juga dapat terhubung dengan Nest Hub , pengontrol rumah pintar dengan layar 7 inci.

Google Home Hub berfungsi sebagai bingkai foto digital yang secara otomatis diisi dengan gambar dari album live Anda. Gunakan perintah suara dengan Hub, misalnya, “Hai Google, tampilkan foto saya dari Nashville.”

Google Foto dan Chromecast

Sangat mudah untuk menampilkan Foto Google Anda di televisi menggunakan Chromecast .

  1. Colokkan dongle ke TV Anda.
  2. Hubungkan Chromecast ke jaringan Wi-Fi yang sama dengan ponsel cerdas, tablet, atau laptop Anda.
  3. Buka Google Foto di perangkat Anda.
  4. Ketuk Cast dan pilih Chromecast Anda.
  5. Buka gambar atau video dari Google Foto untuk ditampilkan di TV.
  6. Untuk berhenti, ketuk Transmisi > Putuskan sambungan.

Editor Foto Bawaan

Fitur pengeditan Foto Google meningkatkan fungsionalitas aplikasi, dengan kemampuan untuk memotong, memutar, dan menyesuaikan warna, pencahayaan, dan pencahayaan, dan menambahkan filter seperti Instagram.

Ubah cap tanggal dan waktu, jika Anda suka, dan pilih beberapa foto untuk mengubahnya menjadi animasi atau film.

Penyimpanan dan Cadangan Cloud

Gunakan Google Foto untuk mencadangkan semua foto dan video Anda ke awan, lalu akses file tersebut dari perangkat lain, termasuk desktop dan tablet Anda. Jika Anda khawatir menggunakan terlalu banyak data, setel pencadangan agar hanya terjadi melalui Wi-Fi.

Pilih untuk mencadangkan versi foto asli yang tidak terkompresi, yang disebut Google sebagai “Kualitas asli”, atau versi terkompresi, yang oleh Google disebut sebagai “Penghemat Penyimpanan” (sebelumnya disebut “Kualitas Tinggi”).

Baca Juga :  Mengembalikan Perangkat Terkunci Anda Tanpa Komputer di iOS 15.2

Sebelum Juni 2021, Google mengizinkan penyimpanan tak terbatas dari apa yang disebutnya foto “Berkualitas Tinggi” (sekarang disebut tingkat “Penghemat Penyimpanan”). Namun, sekarang, foto apa pun yang Anda simpan, terlepas dari kualitas atau ukurannya, diperhitungkan dalam penyimpanan gratis 15 GB yang dibagikan di seluruh layanan Google, seperti OneDrive dan Gmail.

Jika Anda khawatir tentang foto yang menguras ruang penyimpanan Anda, Google menyediakan opsi yang berguna untuk mengelola dan melacak berapa banyak ruang yang Anda gunakan. Ada alat manajemen penyimpanan yang mengumpulkan bidikan buram, tangkapan layar, gambar dari aplikasi lain, dan banyak lagi, dan memungkinkan Anda menggulir feed dan memutuskan apakah akan menghemat ruang dan menghapus gambar.

Google juga menyediakan penaksir penyimpanan di halaman akun Google Anda sehingga Anda dapat melihat berapa banyak yang tersisa. Dan selalu ada opsi untuk membeli penyimpanan tambahan dengan Google One .

Tentu saja, masih ada opsi untuk mengosongkan ruang dengan menghapus foto dan video yang sudah dicadangkan dari perangkat Anda. (Jangan khawatir, ada juga opsi untuk membatalkan penghapusan.) Setelah mencadangkan foto, Anda dapat mengaksesnya saat offline.

Tips : Tambahkan folder Foto Google ke Google Drive Anda untuk menyimpan semua file yang diperlukan di satu tempat, sehingga mudah untuk melampirkan foto ke pesan Gmail. Google Foto juga memungkinkan Anda mencadangkan gambar dari aplikasi lain.

Google Foto vs Aplikasi Galeri Bawaan

Setiap produsen Android (Samsung, Google, Huawei, Xiaomi, dan lainnya) menyediakan aplikasi galeri untuk menyimpan foto Anda. Gunakan aplikasi ini sebagai pengganti atau bersamaan dengan Google Foto.

Galeri Samsung memiliki fungsi pencarian yang baik, secara otomatis menandai gambar Anda dengan informasi lokasi yang tersedia, kata kunci, dan mengaturnya berdasarkan tanggal dan waktu. Ini mencakup beberapa alat pengeditan, tetapi bukan filter. Aplikasi Galeri Motorola menyertakan alat pengeditan dan filter, serta pengenalan wajah. Ini memungkinkan Anda membuat gulungan sorotan dari foto favorit Anda. Sebagian besar aplikasi Galeri memiliki fitur berbagi dan pengeditan dasar, bergantung pada perangkat Anda dan versi OS Androidnya.

Baca Juga :  Cara Menemukan Link Instagram Anda

Perbedaan utama Google Foto adalah fitur cadangannya. Ini memastikan Anda tidak akan kehilangan foto penting jika Anda kehilangan perangkat atau menganti perangkat yang baru.

Meskipun Anda dapat menggunakan Google Foto dan aplikasi galeri bawaan secara bersamaan, Anda harus memilih salah satu sebagai default. Android memudahkan untuk mengatur dan mengubah aplikasi default dengan masuk ke pengaturan perangkat Anda.

Pertanyaan Yang Sering di Cari :

Bagaimana saya bisa menyimpan gambar sebagai tayangan slide di Google Foto?

Pilih semua foto yang ingin Anda sertakan dalam tayangan slide Anda. Mereka semua harus berada di album yang sama. Selanjutnya, pilih tiga titik vertikal di sudut kanan atas dan pilih Slideshow . Tampilan slide Anda akan dimulai secara otomatis.

Bagaimana cara mengunduh foto di Google Foto?

Pilih gambar yang ingin Anda unduh, lalu pilih tiga titik vertikal di sudut kanan atas layar. Pilih Unduh . Atau, Anda dapat mengunduh foto menggunakan pintasan keyboard Shift + D .

Bagaimana cara mengunggah foto di Google Foto?

Dari browser web, Anda dapat menarik dan melepas gambar langsung ke Google Foto. Atau, buka Google Foto > pilih Unggah di pojok kanan atas > navigasikan ke foto > pilih Buka . Pada perangkat Android, gambar diunggah secara otomatis jika Pencadangan & sinkronisasi aktif: di Google Foto, ketuk gambar profil Anda > pilih Setelan foto > nyalakan sakelar sakelar Cadangkan & sinkronisasi .

Di mana Google Foto saya?

Jika Anda memiliki beberapa akun Google, pastikan Anda masuk ke akun yang benar. Atau mungkin foto-foto yang hilang diarsipkan; buka Google Foto dan ketuk Perpustakaan  >  Arsipkan untuk mencarinya. Juga, aktifkan Cadangkan & sinkronkan di Google Foto untuk menyimpan gambar yang Anda jepret di perangkat seluler Anda.

ARTIKEL LAINNYA

IKUTI KAMI :

Share

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Komentar