Samsung Galaxy Note20 Ultra merupakan salah satu ponsel terbaik dalam jajaran Samsung Note20 yang didesain di atas pondasi kuat yang sudah dibangun oleh Note 10+ (Plus) pada tahun lalu.

Akan tetapi dengan semua pembaharuan teknologi terbaru hingga Samsung Galaxy Note 10 + tergantikan dengan Samsung Galaxy Note 20, pertanyaannya adalah, apakah di masa pandemi ini kita siap mengeluarkan uang hanya untuk memiliki sebuah Samsung Galaxy Note terbaru?, entahlah..

Namun alangkah baiknya mari kita telusuri pembahasannya di bawah ini.

Samsung Galaxy Note20 VS Galaxy Note 10 Plus

– Dalam Hal Desain

Dari bentuk desain, Galaxy Note20 Ultra merupakan evolusi yang berkelas dalam hal desain. Sementara Note 10 Plus jelas merupakan perangkat yang jauh lebih mencolok dengan kaca belakang yang mengkilap dan pilihan warna yang ekspresif.

Note20 Ultra jelas merupakan ponsel yang lebih konservatif dan berkelas dengan bagian belakang kaca buram dan warna yang keren.

Keduanya memiliki layar sedikit melengkung yang sangat berbeda dari Galaxy S8 dan S9-series. Dari segi ukuran, kedua model tersebut juga hampir mirip.

Jika Anda pernah memakai Note 10 Plus, maka akan terasa Note20 Ultra adalah perangkat yang hampir sama. Baik dalam hal lebar maupun ketebalan.

Penempatan tombol adalah area lain di mana Note20 Ultra sangat berbeda. Sementara Note 10 Plus memiliki tombol power dan volume suara di sisi kiri ponsel, Note20 Ultra hadir dengan penempatan yang lebih logis. Semua tombol sekarang dapat ditemukan di bingkai kanan ponsel.

Hal yang sama berlaku untuk S Pen, pun bergeser dari sisi kanan ke kiri ponsel. Dari perspektif ergonomis murni, Note20 Ultra lebih masuk akal, tapi ini jangan mengesankan bahwa ada sesuatu yang pada dasarnya buruk dengan cara Note10 Plus melakukan sesuatu pada desainnya.

– Dari Segi Tampilan

Layar Dynamic AMOLED dari Note20 Ultra hanya sepersepuluh inci lebih besar dari yang Anda temukan pada Note 10 Plus 6,8 inci. Perbedaannya agak kecil dan asumsi umum yang sama juga berlaku untuk resolusi layar, QHD +. Jadi jangan berharap ada ponsel yang terlihat lebih tajam.

Reproduksi warna umum, kecerahan, dan sudut pandang sangat bagus di kedua ponsel. Dan itu tidak mengherankan sama sekali. Kita di sini berbicara tentang flagship Samsung.

Fitur baru yang akan membuat banyak perbedaan adalah tampilan kecepatan refresh yang tinggi pada Galaxy Note20 Ultra. Pada 120Hz, gambar terasa lebih halus daripada Galaxy Note 10 Plus 60Hz. Perlu dicatat bahwa meskipun pengalaman keseluruhan jauh lebih baik pada Note20 Ultra, harganya lebih mahal dan masa pakai baterai pada akhirnya akan lebih pendek.

Samsung Galaxy Note 20 Ultra vs Galaxy Note 10+, Perangkat Keras dan Kinerja

Di AS, Galaxy Note20 Ultra ditenagai oleh chipset Qualcomm terbaru dan yang terhebat, Snapdragon 865+ (Plus). Ini menghadirkan performa lebih dari luar biasa. Meskipun demikian, Anda pasti tidak akan mengalami kekurangan daya dengan Galaxy Note 10 Plus, tetapi perlu dicatat bahwa ini didukung oleh chipset Snapdragon 855.

Ada RAM 12 GB di kedua perangkat, menjadikannya multitasker yang lebih dari cukup, yang merupakan salah satu kekuatan besar dari seri Galaxy Note. Bicara penyimpanan bawaan, Note20 Ultra mengemas kapasitas mulai 128 GB dan Note 10 Plus dimulai dengan penyimpanan 256 GB.

Namun, versi internasional kedua ponsel ini didukung oleh chipset Exynos Samsung yang bisa dibilang lebih rendah. Galaxy Note20 Ultra memiliki Exynos 990, sedangkan Note 10 Plus didukung oleh Exynos 9825.

– Dukungan 5G

Note20 Ultra adalah perangkat yang mendukung 5G. Fitur ini membuat ponsel memiliki usia panjang untuk penggunaan di masa depan, berbeda dengan Note10 Plus.

– Daya Tahan Baterai

Note 20 Ultra mengalahkan Note10 Plus di bidang utama lainnya, ukuran baterai. Dengan baterai 4.500 mAh, perangkat baru ini menjanjikan masa pakai baterai yang lebih lama jika dibandingkan Note 10 Plus. Ponsel ini hanya memiliki baterai 4.300 mAh.

Perangkat keras pada Note20 Ultra lebih baru dan lebih hemat daya, meskipun perlu dicatat bahwa penggunaannya dengan opsi kecepatan refresh 60Hz dan default diaktifkan. Jika Anda mengaktifkan kecepatan refresh 120Hz, maka tidak ada jaminan Note20 Ultra akan bertahan lebih lama dari Note10 Plus dengan pola penggunaan sama.

Samsung Galaxy Note 20 Ultra vs Galaxy Note 10 Plus, S Pen dan fungsionalitas

S Pen pada Galaxy Note20 Ultra telah menerima beberapa peningkatan. Pertama, latensi telah dikurangi hingga 9ms, hampir setara dengan Apple Pencil. Note 10 Plus yang lebih lama memiliki latensi yang jauh lebih besar, yang pasti akan terlihat ketika dibandingkan pemakaiannya.

Kekuatan lain dalam Note20 Ultra adalah mode Wireless DeX, yang tidak lagi memerlukan kabel atau perlengkapan lain untuk mentransmisikan mode DeX ke perangkat yang kompatibel. Anda dapat menggunakan Miracast sebagai gantinya. Dengan Note 10 Plus, Anda harus menggunakan kabel.

– Adu Kemampuan Kamera

Kini, Samsung Galaxy Note 20 Ultra memiliki kamera utama 108 MP, ultra wide 12 MP, dan kamera telefoto 12 MP. Smartphone menawarkan 5x optical zoom dan hingga 50x digital zoom.

Sebagai perbandingan, Note 10 Plus jauh lebih sederhana dengan kamera utama 12 MP + telefoto 12 MP 2x + kamera ultra-lebar 16 MP, dibantu sensor ToF. Kedua ponsel hadir dengan kamera depan 10 MP.

Note20 Ultra mampu merekam video 8K pada 24fps. Jauh lebih berguna pasti akan menjadi rekaman 4K 60fps yang ditawarkan oleh Note20 Ultra dan Note 10 Plus.

Jadi, Perlukah Beli Note Terbaru?

Dengan harga mulai Rp20 jutaan untuk versi 128 GB dan Rp21 jutaan untuk model 512 GB, Note20 Ultra adalah salah satu ponsel termahal. Sebagai perbandingan, Note 10 Plus ROM 256 GB sudah bisa menjadi milik Anda dengan harga Rp16,1 juta.

Mari sejenak kita berpikir, perlukah Anda meng-upgrade Galaxy Note10 Plus dengan Note20 Plus?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *